Swara Muslim

Berbuat kebaikan walau hanya sekecil biji zarah

Responsive Ads Here

Wednesday 21 January 2015

Peluang Usaha Tahun 2015

Kita harus cerdik untuk bisa membaca peluang usaha dan peluang bisnis di tahun 2015 ini. Karena kian hari kian bulan kian tahun tentu bisnis selalu berkembang, dinamis mengikuti irama waktu. Bagi dia yang lambat dan tak punya semangat akan mendapatkan sisa-sisa dari dia yang gesit dan lincah. Belum terlambat, mari kita pompa semangat kita untuk meraih kehidupan yang lebih baik lagi, untuk keluarga dan anak-anak kita, untuk dunia dan akhirat kita. Semoga bagi para pelaku wirauaha bisa mendapatkan tembakan jitu dengan membaca celah peluang bisnis di tahun 2015.
Pada awal tahun ini saya melihat begitu maraknya teman-teman di jejaring media sosial, baik di Facebook, Twitter maupun melalui media messenger BBM begitu gencarnya mereka mempromosikan dagangan mereka yaitu "Batu Akik". Mulai dari menjual batu akik yang sudah jadi maupun yang masih mentah (belum diolah). Ada juga yang menawarkan jasa untuk menggosok batu akik. Bisnis batu akik ini adalah tren musiman, seperti halnya musim buah, mumpung saat ini sedang nge-tren/sedang booming, kita bisa memanfaatkan momen ini sebagai bentuk peluang usaha tahun 2015 ini. Mari kita berwirausaha, janganlah takut untuk memulainya.

Kewirausahaan (enterpreunership) adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif , peluang, cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu. Hasil akhir dari proses tersebut adalah penciptaan usaha baru yang dibentuk pada kondisi risiko atau ketidakpastian.

Menjadi seorang pengusaha tentunya harus memiliki kriteria yang ada dalam diri seorang wirausahawan, diantaranya: yakin, mandiri, optimis. Selalu berusaha untuk berprestasi, berorientasi pada laba, memiliki ketekunan dan ketabahan, serta memiliki tekad yang kuat, bekerja keras, energik dan memiliki inisiatif. Memiliki kemampuan mengambil risiko dan suka pada tantangan.

Bambang Mustari Sadino yang lebih akrab dipanggil Bob Sadino adalah sosok inspiratif bagi para pelaku wirausaha. Beliau sosok pekerja keras, visioner dan sederhana. Walaupun Bob Sadino sudah sukses sebagai pengusaha beliau tetap hidup dalam kesederhanaan. Tidak ada definisi yang tegas dan pasti akan makna hidup sederhana. Namun seseorang dapat dianggap berperilaku hidup sederhana apabila tidak terjebak dalam pola hidup konsumerisme yaitu suatu gaya hidup yang menganggap bahwa kebahagiaan personal hanya dapat dicapai dengan cara mengkonsumsi, membeli dan memiliki apapun yang diinginkan melebihi batas kebutuhan dasar.