Swara Muslim

Berbuat kebaikan walau hanya sekecil biji zarah

Responsive Ads Here

Thursday 11 June 2015

Iman dan Solidaritas Sesama

Rasulullah Saw. telah bersabda sebagai berikut :
"Dua perkara yang tidak ada satupun dapat melebihi keutamaan dari keduanya, yaitu, iman kepada Allah dan berbuat kebajikan kepada kaum muslimin."

Sebagaimana sabda Nabi Muhammad Saw. sebagai berikut :
"Barangsiapa bangun pagi dengan maksud tidak untuk berbuat zhalim (aniaya) kepada seseorang, maka perbuatan dosa yang telah dilakukannya akan diampuni (oleh Allah). Dan barangsiapa bangun pagi dengan maksud menolong orang yang teraniaya dan memenuhi kebutuhan orang muslim, maka ia akan mendapatkan pahala sebagaimana pahalanya haji yang mabrur."

Dan juga sabda Rasulullah Saw. :
"Orang-orang yang paling dicintai oleh Allah SWT. adalah orang yang paling berguna bagi sesamanya, dan perbuatan yang paling utama adalah membuat hati seorang mukmin menjadi senang dengan menghilangkan rasa lapar, meringankan kesulitan atau melunasi hutangnya. Dan dua perkara yang tidak ada satupun dapat melebihi kejahatannya, yaitu menyekutukan Allah dan menyengsarakan kaum muslimin."

Menyengsarakan orang-orang muslim itu dapat berupa mengancam keselamatan dirinya dan hartanya. Semua yang diperintahkan oleh Allah pada dasarnya mengandung dua hal, yaitu mengagungkan Allah dan berbelas kasih kepada makhluk-Nya. Sebagaimana yang telah ditegaskan oleh Allah di dalam firman-Nya sebagai berikut :
"Tegakkanlah shalat dan tunaikanlah zakat."
Dan firman-Nya pula :
"Hendaklah engkau bersyukur kepada-Ku dan berterima kasihlah kepada ibu bapakmu".
Nashaihul Ibad