Swara Muslim

Berbuat kebaikan walau hanya sekecil biji zarah

Responsive Ads Here

Tuesday 3 February 2015

Cara Membuat Daftar Isi Dengan Label di Blogspot

Pengertian daftar isi menurut kamus bahasa Indonesia adalah Daftar lembar halaman yg menjadi petunjuk pokok isi buku beserta nomor halaman. Ketika saya membaca sebuah buku, maka halaman yang saya cari pertama kali ialah halaman daftar isi. Ketika membaca daftar isi maka saya bisa langsung mengetahui topik yang menurut saya yang paling saya sukai atau yang ingin terlebih dulu saya baca. Daftar isi begitu penting artinya dalam sebuah buku, begitu pula maksud pembuatan daftar isi dalam sebuah blog.

Daftar isi untuk sebuah blog sangat berguna bagi para pengunjung mengenai keseluruah isi dalam blog kita. Bisa juga untuk meningkatkan traffic, semua link dalam daftar isi akan di indeks oleh google ketika kita memilih salah satu dari daftar isi yang kita tampilkan. Banyak sekali cara membuat daftar isi di blogspot, ada yang secara otomatis tanpa script dan ada pula yang membuat daftar isi menggunakan java script. Setelah cari referensi dengan googling akhirnya saya menemukan cara membuat daftar isi di blogspot berdasarkan labeldengan menggunakan file java script dan saya upload sendiri di http://code.google.com/hosting.

UPLOAD KODE JAVA SCRIPT DI CODE.GOOGLE
Berikut langkah untuk upload Java Script daftar isi. Download dulu file Java Script disini. Setelah itu lanjut ke langkah berikutnya, buka  browser menuju alamat dibawah ini:

1. http://code.google.com/ Login/Masuk dengan akun Google Anda. Tampilan awal seperti gambar di bawah ini, pilih CREATE A NEW PROJECT

2. Tampilan menu selanjutnya seperti gambar di bawah ini. Project name isikan nama terserah sampai tidak muncul tulisan invalid project name (berarti nama tersebut bisa digunakan) terserah menurut keinginan. Pada menu pilihan Conversion Control System pilih  Subversion.
Seperti contoh di bawah ini, lalu klik Create Project.

3. Di dalam menu ini klik Source lalu klik Browse

4. Didalam menu ini Klik Upload
5. Klik Pilih File (cari dan pilih file  Java Script yang telah anda download pada langkah 1 tadi)
6. Setelah file Java Scritp di upload maka akan tampil menu seperti dibawah ini.
Path:/daftarisi.js  : daftarisi.js adalah file java script yang sudah di upload.
Commit Log :  (mau di tulis apa saja terserah)
     Klik Commit
7. Setelah klik Commit maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini.  Klik Edit File untuk merubah nama alamat blog sesuai dengan nama blog Anda (yang saya blok dengan warna oranye). Ubah alamat http://gambardp-bb.blogspot.com dengan alamat blog Anda misalkan diganti dengan alamat http://ceritaneahmadi.blogspot.comSetelah di Edit maka jangan lupa klik Save di bagian bawah sebelah kiri.

8. Klik kanan View Raw File lalu klik Salin alamat tautan 

9. Buka Program Notepad lalu Klik kanan Paste atau klik Edit Pilih Paste


LANGKAH SELANJUTNYA MEMBUAT HALAMAN DI BLOGGER

Setelah Anda masuk ke menu Blog Anda, maka  buatlah halaman baru lalu klik HTML. Nama Halaman terserah Anda (Daftar Isi atau apappun yang Anda inginkan). Lalu paste kode di bawah ini :

<style>
a, a:visited, a:link {color:#000;}
a:hover {color:#333;}
</style>
<script style="text/javascript" src="https://gambardp daftarisi.googlecode.com/svn/branches/daftarisi.js"></script>
<script src="http://gambardp-bb.blogspot.com/feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc"></script>
</div>

Ganti url (yang diblok warna kuning) Dengan url milik anda sendiri yang di dalam notepad,
Ganti url yang di blok warna hijau dengan url blog Anda lalu masukkan kode tersebut ke dalam halaman baru. Selesai.
Maka blog anda sudah muncul Daftar isinya. Terima kasih, semoga berguna.

No comments: