Swara Muslim

Berbuat kebaikan walau hanya sekecil biji zarah

Responsive Ads Here

Tuesday 24 February 2015

Kartu ATM Tidak Bisa Digunakan

Sangat menggiurkan, jika saya hitung secara matematis dalam satu hari saya dapat untung bersih paling tidak 400 ribu untuk melakukan pekerjaan ini (akan tetapi terkadang terjadi kepada kita kalau kenyataan tidak sesuai dengan harapan dan apa yang kita bayangkan) malah saya merugi jutaan. Kok bisa sih? Begini ceritanya.
2 hari yang lalu keponakan saya yang tinggal di kota Mojokerto bbm saya, "Mas, bisa saya titipi barang?" "Apa?" Jawab saya.
"Susu, ada susu murah di toko "Smith" pesannya. "Boleh, mau ambil berapa karton?" Tanya saya lagi. "60 karton, saya kasih untung buat sampean 1000/pcs" Begitu isi pesannya. Saya buka Excel, masukkan nilai dan rumus otomatis. Enter : 720.000,- itulah angka rupiah yang aku dapatkan untuk pekerjaan ini, dipotong ongkos beli bensin dan biaya tak terduga Rp. 320.000, jadi saya akan mendapatkan hasil bersih 400 ribu, Alhamdulillah. Ok... deal.
Singkat cerita. Uang lalu dikirim untuk pembelian ke toko "Smith" sore itu juga. Malam harinya saya pergi ke atm untuk tarik tunai. Kartu saya masukkan, tunggu beberapa saat, mesin berbunyi "tiit" di layar monitor tertulis yang maskdunya "Kartu ATM Tidak Bisa Digunakan", saya coba pindah ke mesin atm disampingnya, hasilnya tetap sama. "Akh, mungkin jaringannya sedang bermasalah, saya coba besok pagi lagi" Saya besarkan hati saya sendiri. Sebelum tidur saya sempatkan untuk membersihkan atm saya menggunakan tissue dan diberi sedikit minyak kayu putih, kotor memang. "Mungkin setelah kartu atm dibersihkan mesin mau menerima dan mengenalinya" Pikirku.
Esok pagi setelah mengantarkan anak sekolah saya langsung bergegas menuju ke atm, saya masukkan kartu atm dan layar monitor tetap menampilkan kalimat yang sama persis seperti tadi malam. 
Saya cek lagi kartu atm dengan membaca secara teliti dan seksama, tertulis pada kartu atm "VALID UNTIL 11/15", berarti masa kartu belum kadaluarisa masih bulan Nopember tahun 2015. Jam 7 pagi kantor Bank belum beroperasi, masih tampak OB membersihkan halaman kantor, pulang nanti siang kesini lagi.
Siang itu di kantor Bank saya langsung bertemu dengan customer service, menceritakan tentang kartu ATM yang tidak bisa digunakan lalu saya meminta untuk dibuatkan kartu ATM yang baru. Petugas lalu mengecek kartu saya dengan menggesek kartu atm pada mesin EDC, dan ternyata bisa digunakan untuk mengecek saldo. "Ini bisa dipakai Pak" kata petugas Bank. "Akh.. yang benar saja, saya sudah coba berkali-kali tidak bisa kok, ataukah memang mesin atmnya error?". Oke, saya coba lagi di mesin ATM, saya lalu menuju ke bilik mesin ATM ditemani dengan petugas Satpam. Saya masukkan kartu ATM dan dilayar muncul tulisan "Enter Your Pin Number". Lho...bisa, sebelum petugas Satpam berkomentar lebih banyak lagi, saya tekan Cancel lalu saya cabut kartu atm nya, lalu saya masukkan lagi. Alhamdulillah... muncul pesan "Kartu ATM Tidak Bisa Digunakan". Berarti bukan karena masalah jaringan ATM nya yang bermasalah, tetapi memang Kartu ATM harus diganti, mungkin magnet yang ada di kartu ATM sudah aus, jadi kartu kadang bisa ditedeksi oleh mesin terkadang tidak. Akhirnya kartu ATM diganti baru dengan biaya 10.000,- . Satu masalah selesai.

No comments: