Swara Muslim

Berbuat kebaikan walau hanya sekecil biji zarah

Responsive Ads Here

Monday 23 February 2015

Cara Melapangkan Rezeki


Sudah sewajarnya bagi manusia dalam bekerja dan berusaha selalu ingin mendapatkan yang terbaik. Berbuat semaksimal mungkin agar mendapatkan hasil yang maksimal pula, tetapi terkadang apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan apa yang kita dapatkan, untuk itu tak perlu kecewa dan bersedih hati apalagi berputus asa, yakinlah dan tetaplah berhusnudzon kepada Allah Yang Maha Kaya, teruslah berusaha dan bersabar nanti pintu rezeki akan terbuka, dan semuanya menjadi begitu mudah, Insya Allah.
"Allah melapangkan rezeki bagi siapa yang dikehendakinya di antara hamba-hambanya dan Dia (pula) yang memyempitkan baginya.Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui segala sesuatu". Surah 29 Al Ankabut (Laba-laba) Ayat 62.
Berikut ada 5 Cara/Tips Untuk Melapangkan Rezeki:
1. Takwa kepada Allah
“Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar. Dan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.” (At Thalaq 2-3)
2. Tawakkal kepada Allah
“Dan siapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya”. (Q.S. 65:3)
3. Istighfar dan taubat
Istighfar yang dimaksudkan adalah istighfar dengan hati dan lisan lalu berhenti dari segala dosa yang dilakukannya.
4. Silaturrahim
Sabda Nabi Muhammad SAW:, Dari Abu Hurairah ra berkata, “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Siapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya maka hendaklah ia menyambung silaturrahim”. (HR. Al Bukhori)
5. Infaq di jalan Allah
Allah SWT berfirman yang artinya “Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dia lah Pemberi Rezeki yang sebaik-baiknya.” (QS. 34:39)

Itulah 5 Cara Melapangkan Rezeki yang bisa kita lakukan agar kita mendapatkan kelapangan rezeki, masih banyak cara lain lagi yang bisa kita lakukan diantarnya : hijrah, jihad, bersyukur, menikah, istiqomah dan ketaatan. Mudah-mudahan Allah senantiasa memberikan taufik dan hidayahNya kepada kita semua. Amin. Wallahua’lam.