Swara Muslim

Berbuat kebaikan walau hanya sekecil biji zarah

Responsive Ads Here

Tuesday 16 June 2015

Pawai Menyambut Ramadhan SD An Nur Tumpang

Bulan Puasa Ramadhan 1436 H tinggal menghitung hari, bulan mulia yang sangat dinantikan kedatangannya bagi umat muslim seluruh dunia, bulan ampunan, bulan penuh berkah, pada bulan ini dibukanya pintu rahmat  ditutupnya pintu neraka, segala amal kebaikan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Semua umat muslim di penjuru dunia berbahagia, bersuka cita menyambut datangnya bulan suci nan mulia ini, tak terkecuali SD An Nur di kecamatan Tumpang Kabupaten Jawa Timur turut bersuka cita menyambut datangnya bulan Ramadhan ini dengan mengadakan Pawai Menyambut Ramadhan pada hari ini Selasa 16/06/2015.

Turut memeriahkan group drum band SD An Nur pada pawai yang di mulai pada pukul 08.00 Wib, anak-anak kecil dengan memakai busana muslim berwarna putih berjalan rapi di belakang rombongan drum band sambil bersholawat, rasa suka cita terpancar dari wajah manis mereka. Ada di antara anak-anak tersebut membawa "sign board" terbuat dari kardus dengan tulisan " Marhaban Ya Ramadhan". Semoga semangatmu memberi energi positif bagi kami (yang sudah termasuk dalam syarat wajibnya puasa) mampu menjalankan ibadah puasa Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya.

Tradisi pawai menyambut Ramadhan yang rutin dilakukan setiap tahun ini mungkin bertujuan sebagai pengingat "eling-eling" bahwa puasa sebentar lagi akan tiba (bagi mereka yang terlalu sibuk urusan duniawinya) mungkin sedikit terlupa, mungkin juga memberikan semangat kepada anak-anak muslim untuk mengenal bulan Ramadhan sejak dini. Tradisi lain yang ada dalam masyarakat jawa khususnya ada tradisi yang namanya "ruwahan atau "megengan". Ada nilai-nilai luhur dibalik tradisi-tradisi tersebut apabila kita mau mengenalinya.

No comments: