Swara Muslim

Berbuat kebaikan walau hanya sekecil biji zarah

Responsive Ads Here

Sunday 1 February 2015

Buah Lengkeng Mutiara Poncokusumo


Sudah dua hari ini di depan tempatku tinggal saat ini terlihat kesibukan pedagang buah musiman lebih sibuk dari hari biasanya. Pedagang buah lengkeng dan rambutan tampak sibuk membersihkan, mengikat dan menata buah-buahan agar terlihat rapi dan bersih sehingga menarik pengunjung untuk membeli buah dagangannya. Di Tumpang tempat saya berada saat ini memasuki musim buah lengkeng. Harga buah lengkeng ukuran besar di jual dengan harga 25 - 30 ribu rupiah per kilogram, sedangkan untuk ukuran buah yang kecil di jual dengan harga 20 - 25 ribu rupiah per kilogram. Rasanya yang manis dan aromanya yang khas menggoda saya untuk membelinya. Buah lengkeng atau biasa orang menyebutnya dengan buah kelengkeng memiliki bentuk bulat, berwarna coklat dengan ukuran kurang lebih sebesar biji kelereng (pada waktu saya kecil dulu kalau makan buah lengkeng bijinya saya kumpulkan untuk bermain layaknya biji kelereng) biji lengkeng berbentuk bulat, terdiri dari dua keping, dan dilapisi kulit biji yang berwarna coklat tua sampai hitam. Kulit luar buah lengkeng memiliki tekstur agak kasar dan memiliki bintik-bintik yang mengelilingi kulitnya, daging buah lengkeng berwarna putih bening dan berair, rasanya manis dengan aroma harum khas buah lengkeng. Daging bijinya sendiri berwarna putih, mengandung karbohidrat, sedikit minyak, dan saponin. 
Tanaman buah lengkeng sendiri memiliki banyak manfaat bagi manusia. Tanaman buah lengkeng adalah salah satu tanaman buah tropis yang hidup subur di Indonesia khususunya di dataran tinggi seperti di daerah saya di wilayah Kecamatan Tumpang Kabupaten Malang Jawa Timur. Jenis lengkeng yang terkenal adalah "Lengkeng Mutiara" varietas Poncokusumo,. Lengkeng varietas ini hanya membutuhkan waktu 2 tahun sudah bisa berbuah. Bibit lengkeng mutiara ini bisa anda beli di desa Wates Kecamatan Poncokusumo dengan harga berkisar Rp. 50.000 sampai Rp. 60.000,-.
Ada beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari tanaman buah lengkeng antara lain :
  • Peneduh pekarangan rumah. Pohon lengkeng merupakan tanaman yang berdaun rindang dan bisa mencapai tinggi 40 meter. 
  • Penghasil nektar. Madu yang dihasilkan dari nektar bunga lengkeng memiliki rasa yang enak dan memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Madu dari nektar bunga lengkeng biasanya harganya lebih mahal dibanding madu nektar bunga lainnya. 
  • Pengobatan. Buah lengkeng juga bisa dikonsumsi untuk pengobatan antara lain untuk pengobatan: 
  • Jari kaki gatal dan bernanah. Caranya : ambil beberapa biji lengkeng, panggang di atas api. Tumbuk sampai halus, taburkan di bagian yang sakit. 
  • Stamina/badan lemah (recovery pasca sakit) Caranya : konsumsi 250 gram buah lengkeng segar setiap hari. 
  • Luka Bakar. Caranya Ambil sedikit kulit atau cangkang lengkeng, bakar sampai menjadi arang. Tumbuk halus dan campurkan dengan minyak zaitun. Oleskan di daerah yang luka. 
  • Tenaga bagi Ibu Hamil. Minum satu sendok makan Tonic Lengkeng pada pagi dan malam hari. 
Selain manfaat diatas buah lengkeng sangat manis dan terasa segar apabila kita konsumsi langsung atau dengan sedikit kreatifitas kita bisa membuat minuman dengan kreasi buah lengkeng. Hmm... Anda tertarik untuk? Silahkan mencobanya. 
Jangan banyak-banyak kalau makan entar jadi gendut, hehee...Tapi, gendut juga gak papa kok, (sstt... katanya orang gendut itu penyayang lho!.. Gak percaya? Baca aja artikel yang ini "Gendut itu Penyayang").
Terlintas dalam benak saya masih ada celah atau peluang usaha dari musim buah lengkeng ini. Butuh kerja keras dan kesungguhan dalam berusaha. Insyaallah akan berhasil. ide itu :
1. Buy - Repacking - Sale. Beli kelengkeng dari petani lalu Anda packing ulang dengan sentuhan kemasan yang menarik dengan brand Anda sendiri lalu Anda jual sendiri lagi ataupun Anda jual ke toko buah atau bisa Anda tawarkan ke supermarket.
2. Menjual madu kelengkeng atau menjual bibit kelengkeng Mutiara Poncokusumo di daerah Anda. Di daerah Tumpang dan Poncokusumo ada pembibitan Lengkeng Mutiara dan peternak lebah madu yang bisa Anda ajak kerjasama di bidang penjualan hasil produksi lebah, seperti madu, bee pollen dan royal jelly.
Selamat Berkreatifitas.