Swara Muslim

Berbuat kebaikan walau hanya sekecil biji zarah

Responsive Ads Here

Thursday 22 January 2015

Cara Hard Reset SAMSUNG GALAXY NOTE II

Kali ini sengaja saya posting tentang cara hard reset Samsung Galaxy Note II, sebagai catatan untuk saya sendiri apabila menjumpai kembali kasus lupa pola kunci (key pattern lock) pada smartphone Samsung Galaxy Note II. Sebenarnya hal ini terjadi secara tidak sengaja dipagi hari tadi ketika seorang customer ingin mencari flip cover Samsung milikinya. Karena saya tidak memiliki flip cover yang dimaksud maka saya sarankan untuk mencari ke tempat lain atau saya pesankan ke sales saya. Dia memutuskan untuk mencari ke tempat lain. Tak lama berselang dia kembali lagi "Susah Mas, gak ada yang punya, pesen sama sampean aja" ujarnya. "Oke Pak, nanti siang Bapak kesini lagi, InsyaAllah udah ada". "Mas, minta tolong gantikan gambar background di HP ini Mas?", Hp saya terima, saya liat dan saya nyalakan ternyata minta pola kode kunci (pattern lock). "Passwordnya gimana ni Pak?" "Yang mana?" tanya dia,"Lho, bukan Bapak yang kasih kode kunci ini?" Bukan Mas, anak saya. "Oh, sampean tanya dulu sama anaknya sampean Pak". "Wah... jauh Mas, rumah saya di Sendang Biru, gini aja Mas, kalau bisa buka kunci itu sampean tak kasih uang 30 ribu". "Oke.. Pak". Ah... lumayan juga buat pengalaman ini, pikirku.
Google selalu menjadi rujukan saya ketika mencari segala sesuatu yang saya butuhkan di internet. setelah googling kesana kemari akhirnya dapat rujukan tentang cara buka kunci Samsung Galaxy Note II lupa pola kunci. Dengan menekan tombol power+volume up+home maka kita akan masuk ke menu untuk wipe user data (penghapusan penggunaan data). Berikut langkah-langkahnya :

  1. Tekan tombol power+volume up+home bersamaan, sampai muncul menu recovery.
  2. Pilih wipe data/factory reset (naik turun dengan tombol volume up dan down, pilih menu dengan tombol power)
  3. Pilih lagi Yes -- delete all user data
  4. Pilih lagi wipe cache partition
  5. Tunggu proses selesai
  6. Terakhir pilih reboot system now
  7. HP akan restart
  8. selesai.

Dengan melakukan hard reset ini maka HP akan kembali ke pengaturan awal, seperti pada waktu kita membeli perangkat tersebut pada waktu pertama kali digunakan. Semua data kontak, foto, dan lain sebagainya akan dihapus. Panduan video bahasa Inggris bisa dilihat di Youtube
Alhamdulillah, akhirnya Samsung Galaxy Note II dengan permasalahan lupa pola kunci bisa terselesaikan tidak lebih dari 7 menit, yang lama cuma googling cari caranya aja. Semoga tulisan ini bisa berguna. Hard reset ini bisa berguna untuk menyelesaikan permasalahan saya yaitu : Samsung Galaxy Note II lupa kunci pola. Untuk cara membuka pola kunci Advan S4E silahkan baca tulisan saya Advan S4E lupa kunci pola.